Rabu, 14 Maret 2012

Tanam Dengan Cara Hidroponik Bagian 2


SELAMAT DATANG DI JEMBER ber KEBUN
Posted by rudcak

Sesuai Janji saya di Tanam Dengan Cara Hidroponik Bagian 1. Admin akan menggunakan alat alat peraga dari bahan yang mudah didapat n dianggap Limbah. Baik Mas Bro n Mbak Bro Langsung aja kita Praktekin. Namun sebelumnya contoh dan peraga di kususkan untuk ibu ibu PKK kecamatan Rambipuji Jember dan contoh dibawah ini sudah di Praktekan Oleh ibu ibu PKK desa Rambigundam kec Rambipuji Jember. Dan selebihnya untuk pemerhati Jember Berkebun Oke.


Bahan Bahan Yang Kita butuhkan dalam Pembuatan KIT Hidroponik. Langsung Fotonya Apa Tulisannya dulu ya ? untuk memulai, Waduh ini yang bikin aku bingung. Biar dah kita abaikan dulu cara nulis yang bagus yang penting Step By Stepnya.


Langkah satu : Kita siapkan gelas plastik bekas air mineral dan kaleng plastik bekas kue. Solderan kalau punya atau paku dipanaskan untuk melubangi bagian bawah gelas untuk keluarnya akar tanaman dan lubang untuk memasukkan benang siet ( benang untuk merajut atau benang untuk nyulam ). Gabus untuk menopang gelas air mineral. Gabus yang kita pakai biasanya gabus untuk menulis dekorasi manten. Pupuk kita pilih yang murah dan mudah kita beli disekitar kita contohnya : Pupuk lengkap ( admin menggunakan pupuk NPK mutiara maaf kami menyebutkan merk bukan promosi. Atau pembaca bisa pilih sendiri yang ada dipasaran yang penting kandungan unsure haranya lengkap ).


Langkah dua : Gini aja mas bro dan mbak bro Lihat aja foto fotonya dan sekalian videonya. Soalnya aku sendiri sudah kehabisan kata kata untuk dituangkan jadi tulisan, he he he gak masalah kan yaaaaaaaa. Yang penting niat kami ……. Indahnya Berbagi

Penyegaran dulu

Alat dan bahannya

Gelas bekas air mineral yang sudah dilengkapi benang siet

Gelas dimasukkan ke plastik tempat nutrisi dan penopang gelas dari gabus

Langkah tiga : Setelah kit hidroponik sederhana sudah kita buat selanjutnya kit kita masuki air ( jangan air pdam ). Apabila air diperkirakan 1 liter maka nutrisi yang akan dilarutkan ke air sebanyak 1 sampai 3gram. takaran lebih mudah gunakan sendok teh aja, kita ambil 1/4 sendok teh aja per satu liter air. Untuk nutrisi kita gunakan pupuk lengkap yang mudah kita beli disekitar kita. Kebetulan Admin disini menggunakan pupuk lengkap NPK mutiara Maaf bukan promosi. Kalau pembaca kesulitan cari pupuk, gunakan aja merk lain yang penting kandungan unsur haranya lengkap. Setelah air tercampur sempurna selanjutnya gelas bekas air mineral tadi kita isi biji benih sebanyak 5biji. Setelah benih tumbuh kita seleksi lagi, sehingga tinggal 1 atau 2 benih yang paling sehat yang kita pelihara, lainnya kita cabut.

Langkah empat : Waduh bro kami sudah mulai kekurangan kata kata ni..... he he he Indahnya berbagi. Masih di Jember Berkebun tentunya. Untuk Mas bro & Mbak bro setelah bibit yang paling sehat kita pilih, selanjutnya tanaman kita tempatkan dengan cukup sinar matahari.
Ada yang ketinggalan, Tips kalau nemu tempat nutrisi jangan yang berwarna bening biar tidak mudah ditumbuhi lumut kalau perlu plastik bening kita cat hitam luarnya. Kita lanjutkan Gambarnya.


Akar nampak dipermukaan air

Gabus kita angkat

Habis kalimatnya dah ............... Tenang masih ada satu jurus ni,  Lihat VIDEONYA 


                      video

Mari kita hijaukan halaman kita dan jangan lupa INDAHNYA BERBAGI DI JEMBER BERKEBUN. Sampai jumpa lagi ..................