Selasa, 01 November 2011

Musim Hujan dan Tabulampot

Dalam tulisan ini kami memilih judul : Musim Hujan dan Tabulampot .Kebetulan pas waktu nulis cuaca ditempat kami hampir tiap hari diguyur Hujan.Terus apa kaitannya Hujan dan Tabulampot ? nah disini nantinya kami akan bercerita pengalaman saya mengenai Tabulampot dimusim penghujan.

Kita mulai bro, Awalnya kami mengabaikan media tanam Tabulampot dan saya anggap tidak terlalu masalah, soalnya saya lihat tanaman masih sehat. Pas musim penghujan dan kebetulan curah hujan ditempat kami sangat exstrem, bisa 2 kali dalam sehari.Saya lihat lagi tanaman dipot kelihatan tambah segar, itu menurut perasaan saya aja. itu pun berlangsung sampai musim penghujan selesai. Nah disini saya melihat tanda tanda Tabulampot mulai dak beres. Itupun saya tidak menghiraukan .Setelah sekian hari tiba tiba daun tabulampot kami mulai kuning dan mengering, ahirnya daun rontok semua.Mulai sudah kami ambil langkah dan setelah saya bongkar media ternyata akar banyak yang busuk. Dengan sangat menyesal saya mengembalikan media tanam kepot dan berharap tanaman bisa hidup. Ahirnya saya mendapat ganjaran juga, Tabulampot yang saya senangi ahirnya Mati. Nah para pecinta Tabulampot yang masih baru belajar seperti saya contoh diatas jangan sampai terulang.

Mempersiapkan Media tanam menjelang musim penghujan. Ini sangat penting, Para suhu tanaman dan mbah google sering berkata, buatlah media tanam dengan perbandingan 1:1:1 dan masih banyak lagi komposisi yang dianjurkan. Dan kalimat terahirnya pasti ada tulisan POROS. Ahirnya saran diatas kami lakukan, Tabulampot saya bongkar atau istilahnya reporting. Sebagian tanah saya ambil dan ganti dengan media tanam baru sesuai petunjuk suhu suhu tanaman.Tak lupa kami memberi pupuk NPK sesuai dosis. Pas musim penghujan tiba jangan lupa dilihat lihat tanaman, sekali kali cek media.

Tabualampot kita Aman Biarpun diguyur hujan tiap hari setelah contoh diatas dilakukan, jangan sekali kali mengabaikan media tanam kalau pas musim penghujan.
itulah cerita saya diatas mungkin juga bisa mengingatkan penghobi baru tabulampot supaya tidak menyesal kemudian.

Oh iya kawan ini ada Link bagus munkin ada yang minat mau membuatnya.

Membuat Alat Pengukur Kesuburan tanah sederhana :


Mebuat Alat tes Urea sederhana :



Membuat PH meter :