Minggu, 13 November 2011

Kebun Rumah

Kebun Rumah menurut pengertian saya, memanfaatkan pekarangan rumah yang sempit untuk ditanami berbagai macam tanaman. Jember merupakan daerah Perkebunan tentunya tanah di sekitar kami subur. sehingga kami sendiri punya hobi berkebun walaupun pekarangan kami tidak cukup luas. Inisiatif kami adalah memanfaatkan tanah pekarangan yang kosong.

Mari Dimanfaatkan Pekarangan kita tentunya untuk kawan kawan kami yang berada di Jember. Tidak memandang Pekarangan kita luas ataupun sempit. Kami sendiri memanfaatkan pekarangan yang sempit bertanam menggunakan media polybag. Sayuran cabe berambang termasuk empon empon saya tanam dipolybag, itupun tumbuh sumbur. Nah dari itu semua akan mengurangi biaya belanja untuk keperluan dapur. Bagi kawan kawan kami yang belum melakukan coba aja deh sekarang. Kalau saya sendiri bertanam untuk mengisi waktu luang ataupun pas kita libur.

Merawat tanaman tidak sulit karena media tanam ataupun pupuk kandang sangat mudah kita peroleh tanpa beli itu ditempat kami kecuali Polybag. Kalau bibit kami cari yang ada didapur kemudian saya lakukan pembibitan. Tulisan kali ini memang kami sengaja tidak menulis campuran media tanam ataupun cara pemupukan. Karena apa ? kalau semuanya saya tulis mungkin pembaca menganggap sulit. kami disini mengajak pembaca bertanam apa adanya dulu biar tumbuh semangat menanam atau coba coba dulu. Kalau itu sudah dilakukan berarti minat menanam ada. Nah kalau sudah merasa senang menanam baru diperbaiki cara bertanam. Untuk contohnya suhu suhu tanaman di bloger siap membantu termasuk mbah google .

Apa sulitnya kita coba toh tidak akan mengurangi aktifitas yang lain. Apalagi hasilnya nanti akan membantu mengurangi biaya belanja didapur. Kalau anda pingin coba bertanam lakukan saat ini juga jangan ditunda lagi yang ahirnya gagal mane untuk mencoba. Baik pembaca setia kami cukup disini dulu tulisannya, silahkan anda mengikuti terus di Jember Berkebun.